Rabu, 15 April 2009

SAMBUT KEMARAU DATANG
(Implementasi Pembuatan Sumur Resapan)1


Sebentar lagi kita akan memasuki musim kemarau di tahun ini. Datangnya hujan yang intensitasnya semakin hari semakin sedikit dan tidak menentu menandakan sebentar lagi musim penghujan akan berakhir. Mari sambut datangnya kemarau dengan perubahan dan antisipasi yang berkaitan dengan ekosistem di sekitar kita.
Bagi para kontraktor (khususnya kontraktor di bidang bangunan keairan), musim kemarau merupakan waktu untuk mengerjakan proyek infrastruktur karena di musim ini hambatan dalam pekerjaan konstruksi yaitu datangnya hujan dan volume air di sungai yang besar sudah tidak ada. Begitu juga dengan kita, saatnya untuk membersihkan selokan rumah kita yang kotor oleh sampah dan sedimen. Pengerukan yang benar dan menyeluruh akan menjamin lancarnya air ketika datang musim penghujan. Saatnya juga perlu memikirkan untuk membangun sumur resapan di sekitar rumah. Mengapa sumur resapan…????
Sumur resapan adalah salah satu jenis sumur yang digunakan untuk usaha konservasi air tanah. Dengan adanya sumur resapan maka volume air yang masuk ke atap rumah atau halaman tidak langsung dibuang ke saluran drainase tetapi ditampung dulu sementara di sumur resapan. Penampungan sementara di sumur resapan akan meresapkan air ke dalam tanah yang pada akhirnya akan berfungsi sebagai recharge atau imbuhan air tanah di sekitarnya. Jika hanya satu sumur resapan saja yang ada di satu kota mungkin efek yang ditimbulkan tidak seberapa. Tapi bagaimana jika seluruh kota membuat sumur resapan..????maka akan semakin banyak volume air yang bias diresapkan dan menambah cadangan air tanah yang kita miliki. Sehingga akan mereduksi permasalahan penurunan muka air tanah yang selama ini kita keluhkan. Kualitas air tanah pun akan meningkat karena volume air tanah hasil peresapan yang diperoleh bisa menjadi pengencer bagi zat-zat pencemar air tanah. Manfaat yang lain jika air hujan mampu ditampung sementara dan diresapkan ke dalam tanah adalah mengurangi secara signifikan volume aliran permukaan yang masuk kedalam badan sungai dan saluran drainase yang berpotensi menyebabkan genangan dan bajir.
Pembuatan sumur resapan yang sesuai dengan kaidah konservasi seperti pembuatan dimensi yang sesuai dengan besarnya rumah kita, operasional yang memudahkan untuk proses perawatan, dan biaya yang seekonomis mungkin adalah usaha yang efektif dalam rangka pembuatan sumur resapan. Bukankah air adalah salah satu kebutuhan yang vital bagi kita. Bukankah terpenuhinya air bersih merupakan dambaan kita semuanya. Jadi jika memang mempunyai dana yang cukup, marilah mulai dari sekarang membuat sumur resapan di masing-masing rumah. Sudah saatnya kita peduli akan konservasi tanah dan air. Hasil yang akan didapatkan sungguh sangat besar walaupun tidak secepat yang dibayangkan.
1) Azwar Annas Kunaifi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar